Rabu, 17 Oktober 2018

Bab 3 Kerja Proyek : Kebutuhan Pelanggan

BAB III
KEBUTUHAN PELANGGAN




  • Kebutuhan Pelanggan -  Perusahaan dapat mendefinisikan pasar sasaran namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan tidak selalu merupakan tugas yang sederhana. Beberapa pelanggan memiliki kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak dapat mengutarakan kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka menggunakan bahasa yang membutuhkan penafsiran. (belajar, 2014)
  • Pangsa Pasar Proyek -  adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial. Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri. (N, 2015)

  • Faktor Lingkungan Eksternal - Lingkungan eksternal atau lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain. Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi lingkungan eksternal.Definisi lingkungan eksternal adalah sebagi berikut: (Oktari, 2011). 
  1. Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001:51).                                             
  2. Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer (T.Hani Handoko, 1999:62).                                                                                                                          
  3. Dalam analisis lingkungan industri, perlu dilakukan pengkajian kelompok yang berkepentingan dari perusahaan dalam suatu industri, yaitu pemasok dan pelanggan, serta tiga pemain utama yang berperan dalam industi yaitu perusahaan, para pesaing, dan pelanggan. Lingkungan industri adalah sejumlah faktor yang mempengaruhi langsung suatu perusahaan, dan aksi serta reaksinya (Devinta, 2015)
  • Kepuasan Pelanggan - Kepuasan pelenggan merupakan suatu tingkatan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelenggan dapat terpenihi yang akan mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut (Band, 1991). Faktor yang paling penting untuk menciptakan kepuasan konsumen adalah kinerja dari agen yang biasanya diartikan dengan kualitas dari agen tersebut (Mowen, 1995). Produk jasa berkualitas mempunyai peranan penting untuk membentuk kepuasan pelanggan (Kotler dan Armstrong, 1996). Semakin berkualitas produk dan jasa yang diberikan, maka kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan semakin tinggi. Bila kepuasan pelanggan semakin tinggi, maka dapat menimbulkan keuntungan bagi badan usaha tersebut. Pelanggan yang puas akan terus melakukan pembelian pada badan usaha tersebut. Demikian pula sebaliknya jika tanpa ada kepuasan, dapat mengakibatkan pelanggan pindah pada produk lain. (Musanto, 2014)



DAFTAR PUSAKA
belajar. (2014, 04 04). KEBUTUHAN PELANGGAN. Retrieved 08 04, 2016, from SS BELAJAR: http://www.ssbelajar.net/2014/04/kebutuhan-pelanggan.html
Devinta, C. (2015, 10 26). Pentingnya Kajian Lingkungan Eksternal dan Industri bagi Strategi Perusahaan. Retrieved 08 04, 2016, from linkedin: https://www.linkedin.com/pulse/pentingnya-kajian-lingkungan-eksternal-dan-industri-consulting-group
Musanto, T. (2014). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi.surabaya: jurnalmanajemen.petra.
N, S. (2015, 04 08). Inilah Pengertian Pangsa Pasar Terlengkap. Retrieved 08 04, 2016, from PENGERTIAN APAPUN: http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pangsa-pasar-terlengkap.html
Oktari, K. E. (2011, 11 23). FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved 08 04, 2016, from Khaerunisa Eka Oktari: http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html

0 komentar:

Posting Komentar